Saturday, March 30, 2013

10:23 PM

(Kepala MA Al-Fata) Dalam kehidupan modern sekarang ini, pendidikan dihadapkan pada berbagai tantangan perubahan yang sangat cepat dan kadang-kadang kehadirannya sulit diprediksikan, sehingga menuntut setiap organisasi untuk dapat memiliki kemampuan antisipatif dan adaptif terhadap berbagai kemungkinan sebagai konsekwensi dari adanya perubahan. Begitu pula dengan sekolah, sebagai institusi yang bergerak dalam bidang jasa.
pendidikan akan dihadapkan pada berbagai tantangan perubahan. Ketidakmampuan sekolah dalam mengantisipasi dan beradaptasi dengan perubahan yang terjadi, lambat laun akan dapat menimbulkan keterpurukan sekolah itu sendiri, dan habis ditelan oleh perubahan.

Bentuk sikap antisipatif dan adaptif ini dapat dilakukan melalui upaya untuk melaksanakan perbaikan secara terus-menerus dalam proses manajemen. Jika kita mengacu pada konsep Total Quality Manajemen, maka upaya perbaikan secara terus menerus dalam proses manajemen di sekolah menjadi kebutuhan organisasi yang sangat mendasar. Menyikapi berbagai tantangan diatas maka MA (Madrasah Aliyah Al-Fata mulai tahun ajaran baru 2012/2013
insyaAllah akan siap melakukan perbaikan-perbaikan dibidang manajemen ini, mulai dari  bidang kurikulum yaitu bagaimana kedepannya guru-guru bidang studi harus membuat RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) kemudian bagaimana penerapannya kepada siswa.

Kemudian dibidang Kesiswaan, yang mana bidang ini adalah sangat urgen sebenarnya dalam perubahan disebuah sekolah, karena secara garis besar bagaimana disebuah sekolah itu disiplin,  bersih, indah, aman, tenang, semua ini adalah tidak lepas  peran dari bidang Kesiswaan. Maka dari itu, bagaimana semua kegiatan ini berjalan dengan baik tentunya tidak lepas dari semangat berjuang semua Majlis Guru untuk mendidik peserta didiknya dengan baik. Dan Alhamdulillah sebagai penunjang opini/media di Al-Fata, dengan kerjasama yang baik sesama pengurus OSIS telah diterbitkan “Majalah Al-Fata”, semoga Majalah ini tetap eksis sehingga bisa berbagi informasi dengan sekolah lain dan masyarakat tentunya.
Dengan demikian, sikap antisipatif dan adaptif terhadap perubahan seyogyanya menjadi bagian dari budaya organisasi di sekolah, yang ditunjukkan dengan upaya melakukan berbagai perbaikan dalam proses manajemen di sekolah tersebut.


Mukhlis, S.H.I

Lihat juga Potensi blog untuk generasi muda

0 comments:

Post a Comment